Pages

Jumat, 07 Januari 2011

Manfaat lebah bagi Kesehatan


"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia," kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl: 68-69)

Dari binatang yang ada di bumi ini, Lebah adalah salah satu binatang yang sangat istimewa. Mengapa ? Lebah merupakan salah satu binatang yang tertulis di dalam Al Qur'an dan bahkan menjadi salah satu nama surat. Penamaan lebah dalam kitab suci umat Islam sudah pasti bukan karena kebetulan, Untuk itu akan sangat luar biasa jika anda mengetahui apa yang menjadi keistimewaan dari lebah dan yang akan menjadi bahasan kita adalah manfaat lebah dalam dunia kesehatan.

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompokm meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.
Yang luar biasa dari lebah ialah bahwa mereka menghasilkan madu dalam jumlah yang sebenarnya melebihi kebutuhan mereka. Madu yang mereka hasilkan ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.Madu mengandung  beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon. Jika manusia sering mengkonsumsi madu maka akan membantu permasalahan kesehatan mereka. Sudah banyak penelitian tentang madu dan mendukung penggunaan madu untuk kesehatan manusia.

Akan tetapi tidak hanya madu, selin itu ada zat lain yang dihasilkan lebah yang sangat bermanfaat yaitu propolis . Lebah sangat menyukai kebersihan, karena Kebersihan sarang sangatlah penting bagi kesehatan lebah dan larva dalam koloni. Lebah pekerja membuang seluruh bahan berlebih yang ada dalam sarang. Saat bertemu serangga penyusup yang tak mampu mereka keluarkan dari sarang, mereka pertama-tama membunuhnya. Kemudian mereka membungkusnya dengan cara menyerupai pembalseman mayat. Yang menarik di sini adalah dalam pengawetan ini lebah menggunakan bahan khusus yang disebut “propolis”. Propolis adalah suatu bahan istimewa karena sifatnya yang anti bakteri. kandungan propolis bahkan lebih luar biasa jika dibandingkan dengan madu, sehingga banyak para ahli yang menyarankan penggunaan propolis untuk membantu permasalahan kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan.... di isi