Pages

Jumat, 28 November 2014

Anatomi Telinga dan Mekanisme Mendengar



 Anatomi Telinga dan Mekanisme Mendengar 
Telinga terdiri dari 3 bagian utama yaitu:
1.    Telinga bagian luar 
Terdiri dari daun telinga dan liang telinga (audiotory canal), dibatasi olehmembran timpani. Telinga bagian luar berfungsi sebagai mikrofon yaitu menampunggelombang suara dan menyebabkan membran timpani bergetar. Semakin tinggifrekuensi getaran semakin cepat pula membran tersebut bergetar begitu juga pulasebaliknya.
2.    Telinga bagian tengah
Terdiri atas osside yaitu 3 tulang kecil (tulang pendengaran yang halus) Martillandasan-Sanggurdi yang berfungsi memperbesar getaran dari membran timpani danmeneruskan getaran yang telah diperbesar ke oval window yang bersifat fleksibel. Ovalwindow ini terdapat pada ujung dari cochlea.
3.    Telinga bagian dalam
Yang juga disebut cochlea dan berbentuk rumah siput. Cochlea mengandung cairan, di dalamnya terdapat membrane basiler dan organ corti yang terdiri dari sel-selrambut yang merupakan reseptor pendengaran. Getaran dari oval window akanditeruskan oleh cairan dalam cochlea, mengantarkan membrane basiler. Getaran inimerupakan impuls bagi organ corti yang selanjutnya diteruskan ke otak melalui syaraf  pendengar  (nervus cochlearis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan.... di isi