Pages

Jumat, 24 Desember 2010

Penyakit ISPA


ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) adalah penyakit infeksi pada saluran pernapasan atas maupun bawah yang disebabkan oleh masuknya kuman mikroorganisme (bakteri dan virus) kedalam organ saluran pernapasan yang berlangsung selama 14 hari. Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru.
1.      Klasifikasi dan Diagnosis dalam penanggulangan P2ISPA.
a.     Klasifikasi Pneumonia dan bukan Pneumonia dalam penentuan klasifikasi pnyakit dibedakan atas 2 kelompok, yaitu :
§   Kelompok umur 2 bulan -< 5 tahun, klasifikasi dibagi atas : Pneumonia berat, Pneumonia dan bukan Pneumonia.
§   Kelompok umur <2 bulan, klasifikasi dibagi atas : Pneumonia berat dan bukan Pneumonia.
b.    Diagnosis Pneumonia pada balita didasrkan pada adanya batuk dan atau kesukaran bernapas disertai peningkatan frekuensi napas (napas cepat) sesuai umur. Penentuan napas cepat dilakukan dengan cara menghitung frekuensi pernapasan dengan menggunakan sound timer. Batas napas cepat adalah :
§   Pada anak usia 2 bulan -< 1 tahun frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali permenit atau lebih.
§   Pada anak usia 1 tahun -< 5 tahun frekuensi pernapasan sebanyak 40 kali permenit atau lebih.
§   Pada anak usia kurang 2 bulan frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali permenit atau lebih.
Diagnosis Pneumonia berat didasarkan pada adanya batuk dan atau kesukaran bernapas disertai napas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah kedalam pada anak usia dua bulan sampai dengan kurang dari 5 tahun. Untuk kelompok umur kurang 2 bulan diagnosis Pneumonia berat ditandai dengan adanya napas cepat, yaitu frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali permenit atau lebih, atau adanya penarikan yang kuat pada dinding dada sebelah bawah kedalam. Rujukan penderita Pneumonia berat dilakukan dengan gejala batuk atau kesukaran bernapas yang disertai dengan adanya gejala tidak sadar dan tidak dapat minum. Pada klasifikasi bukan Pneumonia maka diagnosisnya adalah : batuk pilek biasa (Common Cold), Pharyngitis, tonsillitis, otitis atau penyakit non-Pneunonia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan.... di isi