Pages

Sabtu, 25 Desember 2010

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS) terbukti secala ilmiah efektif mencegah diare, ISPA yang telah mnejadi penyebab kematian anak di Indonesia dan dunia. Pentingnya perilaku CTPS untuk mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare, ISPA, flu burung, sudah dipahami masyarakat secara luas, meskipun prakteknya masih belum banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku CTPS terbukti merupakan cara yang efektif untuk upaya kesehatan preventif. Dalam jangka pendek, upaya preventif melalui CTPS dipandang paling strategis untuk mengurangi kerugian dampak sanitasi buruk, sementra solusi jangka menengah dan jangka panjang terus dilakukan. Untuk itu perilaku CTPS perlu digalakkan untuk menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat di pedesaan maupun diperkotaan.
Indonesiaadalah satu-satunya negara di dunia yang mewajibkan perusahaan yang menggunakan sumber daya alam indonesia untuk melakukan program tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Undang-Undang tentang Corporate Social Responsibility (CSR) ini memberikan peluang dukungan dari pihak korporasi (perusahaan) untuk turut memikirkan perlindungan terhadap kesehatan anak melalui dukungan terhadap program CTPS.
Anak-anak selalu menjadi pihak yang paling rentan terhadap penyakit sebagai akibat perilaku yang tidak sehat dan sanitasi yang buruk. Padahal anak-anak merupakan asset bangsa yang paling berperan untuk generasi yang akan datang. Anak-anak juga merupakan penyampai pesan yang penting pada keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan.... di isi